Jumat, 02 Maret 2012

var popunder = true;

PERSAMAAN
*Sama-sama masih terdapat ketimpangan ekonomi, kemiskinan, dan ketidakadilan 
*Adanya KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) 
Orde Lama: Walaupun kecil, korupsi sudah ada. orde Baru: Hampir semua jajaran pemerintah koruptor (KKN).
* Kebijakan Pemerintah 
Sejak pemerintahan orde lama hingga orde reformasi kini, kewenangan menjalankan anggaran negara tetap ada pada Presiden.


PERBEDAAN : 
1. Masa Demokrasi Liberal
Masa orde lama : Masa ini disebut masa liberal, karena dalam politik maupun sistem ekonominya menggunakan prinsip-prinsip liberal.
Masa orde baru : Pada masa krisis ekonomi,ditandai dengan tumbangnya pemerintahan Orde Baru kemudian disusul dengan era reformasi yang dimulai oleh pemerintahan Presiden Habibie. Pada masa ini tidak hanya hal ketatanegaraan yang mengalami perubahan, namun juga kebijakan ekonomi. Sehingga apa yang telah stabil dijalankan selama 32 tahun, terpaksa mengalami perubahan guna menyesuaikan dengan keadaan. 
2. Masalah pemanfaatan kekayaan alam. 
masa orde lama
 : Konsep Bung Karno tentang kekayaan alam sangat jelas. Jika Bangsa Indonesia belum mampu atau belum punya iptek untuk menambang minyak bumi dsb biarlah SDA tetap berada di dalam perut bumi Indonesia.
masa Orde Baru:konsepnya bertolak belakang dengan orde lama. sehingga Rakyat pun merasa hidup berkecukupan pada masa Orba. Beras murah, padahal sebagian adalah beras impor. Beberapa gelintir orang mendapat rente ekonomi yang luar biasa dari berbagai jenis monopoli impor komoditi bahan pokok, termasuk beras, terigu, kedelai dsb.
3.Sistem pemerintahan 
Orde lama
 : kebijakan pada pemerintah, berorientasi pada politik,semua proyek diserahkan kepada pemerintah, sentralistik,demokrasi Terpimpin, sekularisme. 
Orde baru : kebijakan masih pada pemerintah, namun sektor ekonomi sudah diserahkan ke swasta/asing, fokus pada pembangunan ekonomi, sentralistik, demokrasi Pancasila, kapitalisme. .


4.orde lama
>Diskriminasi etnis Tionghas serta Kesenjangan sosial dan KKN


Orde Baru
>Diskriminasi Ekonomi dan diskriminasi Etnis tionghoa serta bnyknya KKN(kolusi,korupsi dan Nepotisme)
5.Orde lama
>Pelanggaran Ham:yaitu
Tragedi PKI dan Pnghpusan Presiden Seumur Hidup

6.Orde Baru
>Tragedi mei '98(pnculikan Mahasiswa Trisakti)
>Larangan kbebasan Brpndapat
(di tolaknya Ham)..

7.orde lama : kebijakan pada pemerintah, berorientasi pada politik,semua proyek diserahkan kepada pemerintah, sentralistik,tidak mengenal demokrasi.
orde baru : kebijakan masih pada pemerintah, namun sektor ekonomi sudah diserahkan ke swasta/asing, fokus pada pembangunan ekonomi, sentralistik, tidak mengenal demokrasi.

0 komentar: